| 1 comments ]

Jika anda perhatikan, pada blog sering dicantumkan file yang dapat di download oleh visitor/pengunjung, Hal ini bisa bertujuan untuk mempersingkat ulasan/space/kapasitas pada postingan, bentuknya bisa berupa dokumen, pictures, untuk sekedar share atau untuk kepentingan tampilan blog, dan juga bisa untuk fasilitas komersial seperti e-book, software, dll. Penerapannya dengan menggunakan fasilitas tempat download/upload yang tersedia di internet
, Ada  banyak tempat upload file yang tersedia di initernet, umumnya gratis untuk kapasitas tertentu (misal 10 G), dan berbayar untuk kapasitas yang lebih besar (misal 100 G).

Disini kita bahas penggunaan fasilitas yang di berikan google yaitu google sites, langkah-langkahnya yaitu :
- Klik tautan http://www.sites.google.com/
- Login dengan google akun anda.


- Klik "Create Site".




- Pilih template, karena tiap template layoutnya beda, untuk latihan pilih template yang sama dengan saya aja ya..., biar gampang follownya, ok klik "Browse the gallary for more" (lihat gbr di bawah).







- Lalu pilih template "Project Wiki".






3.  Isi form yang disediakan. Untuk nama site, diminta nama yang unik, terdiri dari kombinasi huruf kapital, huruf kecil dan nomer (lihat contoh Gbr di bawah), lalu isi verifikasi yang sesuai diminta, & klik create. 




- Lalu pilih "File"





-  Pilih "Add File"




- Klik "Browse" & pilih file dari komputer. Klik "Upload".




- File telah ter upload seperti terlihat dari gambar di bawah, lalu arahkan kursor anda pada "download" file tersebut, dan klik kanan mouse anda, lalu pilih "Copy Link Location".



- Anda telah mendapatkan link file anda yang ditempatkan pada "Google sites", lalu anda tinggal meletakkan link tersebut pada blog anda, misalnya pada postingan anda. Hal yang harus anda perhatikan, anda harus memotong bagian akhir dari code link tersebut, misalnya jika link yang anda dapatkan pada "copy link location" adalah https://sites.google.com/site/myb3bies2/file-cabinet/nextpage.zip?attredirects=0&d=1, maka yang harus anda letakkan pada posting anda hanya https://sites.google.com/site/myb3bies2/file-cabinet/nextpage.zip

Dan jika masih belum tau bagaimana meletakkan link pada posting.., klik disini.

Oke, semoga bermanfaat.

1 comments

Teresa Meidalita mengatakan... @ 29 Mei 2011 pukul 22.47

ehmmm.......

Posting Komentar