| 0 comments ]

Salam kenal..,

Setelah googling sana sini, bingung tentang ini dan itu.., akhirnya saya dapat membuat website pertama saya ini. Dan disini saya ingin berbagi apa-apa yang telah saya pelajari (tanpa bermaksud menggurui.., karena saya juga baru..  ), & langkah-langkah apa yang harus dilakukan dalam upaya membuat website.
Sebelumnya, bagi saya juga mungkin anda yang newbie (baru dalam hal internet) mungkin masih bingung tentang perbedaan antara website dengan blog. Website terbagi 2 tipe, yaitu:

1.    Website statis, halaman yang digunakan statis.., kalopun mau ditambah harus melalui proses template (file layout website), kemudian di edit dan di buat internal link agar bisa terhubung dengan halaman yang ditambahkan, semua dilakukan secara manual dan memakan waktu yang panjang, juga sedikit banyak membutuhkan keahlian web design juga software-software tertentu seperti menggunakan software teks editor seperti Notepad, Frontpage atau Dreamweaver.
2.   Website dinamis, seperti blog/weblog/CMS (Content Management Sistem), yaitu tulisan yang dibuat dalam bentuk posting pada sebuah halaman web umum dan dapat ditambah setiap waktu secara otomatis.

Oke, back to the issue.., how to built a website…, hal-hal yang harus di dilakukan a.l:

A.    Email Address.

Siapkan email addresss anda. Misalnya : bisnisinternet@yahoo.co.id

B.     Domain.

Domain adalah nama sebuah website, yang juga mengindikasikan negara dimana situs tersebut digunakan. Seperti "co.id" untuk Indonesia, "co" atau "com" untuk lembaga komersial & "net" untuk lembaga yang berhubungan dengan internet.Domain bisa anda dapatkan secara berbayar ataupun gratis, tentunya ada banyak kelemahan/keterbatasan bagi domain yang gratis, hal ini dapat anda ketahui dari Term of Service (TOS)/ketentuan yang saat anda mendaftar. Biasanya domain yang gratis tidak memperbolehkan penggunaannya untuk kepentingan komersial (Anda tidak dibenarkan untuk melakukan bisnis online, sale/iklanin produk sendiri, atau produk dari pihak ketiga, misalnya Google Adsense, amazone, dll). Oleh karena itu anda harus bisa menetapkan terlebih dahulu website/blok seperti apa yang ingin anda bangun/jalankan.
Bagi pemula, saran saya gunakan saja domain yang gratis untuk pertama membangun website anda, sambil anda memperdalam lagi ilmu website untuk kepentingan komersial, seperti bagaimana cara mempromosikan website anda, supaya bisa berada pada rangking atas/banyak dikunjungi, bagaimana bisa memperoleh penghasilan/membangun bisnis online, bagaimana membuat/mendapatkan account pada  Affiliate program yang ada (seperti Google Adsense, Amazon, dll). Lagi pula sebagian besar domain gratis juga bisa di Upgrade menjadi domain berbayar. Jadi saat anda sudah mengantongi ilmu website maka silakan upgrade domain anda atau cari alternative domain lain yang memenuhi kebutuhan  website anda.
Disini saya akan mencontohkan penggunaan domain yang gratis adalah : www.co.cc.

CO.CC:Free Domain
  
Domain www.co.cc ini juga menawarkan kerja sama pada anda/penggunanya untuk menawarkan kembali domain mereka melalui website anda buat, dan anda akan dapat reward/pembayaran berdasarkan banyaknya orang-orang yang mendaftar melalui anda. Pembayaran biasanya dilakukan melalui paypal.




Ok… lanjut, cara daftarnya…, please go to http: www.co.cc, tentukan nama domain anda (yang gampang diingat, tidak terlalu panjang dan mewakili content/isi website), 

1.    Klik “Create an account” atau anda bisa cek pada box availability apakah nama tersebut masih tersedia.


2.      Jika nama sudah didapat/tersedia, klik continue to registration.



3.      Isi email Address, password domain anda, word verivication, check list/klik “I except the term of service”, lalu klik “Sign in”



 4.  Kemudian muncul seperti formulir seperti gambar di bawah & isi data-data pada box yang ada tanda check list/contreng, klik “create an account now”, its finish…., selesai sudah daftar domain.



Dan anda akan mendapat konfirmasi seperti gambar dibawah ini,


 

C.     Hosting

Hosting merupakan server yang akan mempublikasikan website/blok anda di internet. Sama halnya dengan Domain, Hosting ini juga ada 2 macam, yaitu gratis & berbayar. Jika anda berencana untuk menggunakan hosting gratis, saya merekomendasikan hosting “000webhost.com”, karena hosting gratis ini akan menyediakan 1500 MB disk space, 100 GB banwidth/data transfer, PHP5/Mysql, cpanel, website builder, dan hosting ini juga menawarkan affiliate program, dimana jika ada yang mendaftar melalui tautan anda maka anda akan mempeloleh $5 untuk setiap pendartar. 

Cara mendaftarnya :
Free Website Hosting

1.   Klik http://www.000webhost.com/450242.html, kemudian anda pilih, mau service yang gratis atau berbayar, anggap saja anda memilih yang gratis.., klik “order now” yang pada bagian free hosting (kiri bawah).

 
2.      Kemudian isi form spt gambar dibawah, klik “created my account”



3.      Selesai dech anda mempunyai account pada hosting tsb…, boleh klik “active account” untuk cek status anda.


Hasilnya seperti gambar di bawah….., anda harus bersabar selama 24 jam (lihat gbr. dibawah


sampai anda memperoleh konfirmasi via email bahwa account anda telah siap untuk digunakan, setelah anda memperoleh konfirmasi, anda coba cek dengan login pada account hosting anda dan akan terlihat status berubah menjadi “active”. 


Setelah anda mengantongi account hosting, anda login kembali pada account domain anda untuk mensetting  sesuai data yang diberikan hosting anda. Caranya :

1.      Go to www.co.cc, “Sign in” ke account, kemudian klik “manage domain”, lalu klik “set up” (spt pada gbr dibawah). 


2)     Klik lubang no.1 “Name Server”, Isi kolom “Name server 1 & 2” sesuai data yang diberikan hosting anda melalui email (atau lihat pada “account information” stlh login ke account hosting anda), klik “set up”, tunggu 2 hari supaya server mengenali domain anda.






Setelah 2 hari, anda coba cek domain anda, go to www.Rianaweb.co.cc, jika telah tersedia maka akan tampil seperti gambar berikut :




Lalu ikuti petunjuk dari tampilan tersebut untuk login ke alamat webhost anda, klik cpanel, lalu pilih bagaimana cara anda untuk memuat file pada website tersebut. .






Klik  fantastiqo autoinstaller>klik word press, >klik new instalation, isi data untuk tempat penginstallan blog wordpress, Klik "Install WordPress". Atau bisa juga dengan klik "WebsiteBuilder".



Alternatif lain yaitu :
Bila anda telah mempunyai website, anda bisa langsung redirect/mengarahkan domain co.cc anda ke alamat URL website anda, caranya dengan mengisi lubang nomer 3 (lihat gbr dibawah), lalu klik “Set Up”.  


Gambar diatas artinya anda mengalihkan alamat domain anda pada "co.cc" dialihkan menjadi "tehnologiwebsite" ..... dan hostingnya..... "blogspot.com"

Ok.., selamat berkreativitas…. 

0 comments

Posting Komentar