| 0 comments ]

Dalam bahasan/posting sebelumnya, telah dibahas bahwa blog atau dikenal juga sebagai weblog, atau CMS (Content Management Sistem)  tergolong website dinamis, dimana perubahan (menambah, mengurangi, mengedit posting, mengganti template, dsb) dapat dilakukan langsung dan mudah. Pada blog juga umumnya dapat dilakukan komunikasi dua arah..., antara blogger (pemililik blog) dengan pengunjung, bisa tentang isi/wancana blog, tanya jawab, dsb.


Ada dua layanan blog gratis yang sering digunakan oleh para bloger untuk ngeblog, yaitu blogspot (bloger) dan wordpress. Dan saat ini saya hanya akan membahas tentang blog di blogspot.

Membuat blog di blogspot sangat mudah, cepat, dan gratis...., hanya 5-10 menit, anda bisa mendaftar pada blogger.com, tapi sebelumnya anda persiapkan dulu account/akun anda pada Gmail, jika belum punya maka anda bisa daftar terlebih dahulu, caranya :


Ketik pada tab URL http://www.google.com, kemudian klik Gmail (lihat gambar 1).

Gbr.1

Lalu klik buat "akun" or "create account" (Gbr.2)



Gbr.2


Isi data-data yang diminta seperti pada Gbr.3, lalu klik "Saya menerima. Buat akun saya" atau "I accept, created my account"


Gbr.3
Terkadang akan muncul tampilan seperti ini, anda tinggal meng-scroll pilihan "Negara"nya, dan masukkan nomor ponsel/mobile phone anda, lalu klik "kirim kode verifikasi ke ponsel saya" or klik "send verification to my mobile phone", lalu akan muncul tampilan dimana anda harus memasukkan nomor verifikasi yang telah anda terima melalui ponsel anda.


Gbr.4

Lalu muncul tampilan seperti gambar 5, klik "Tunjukkan akun saya" or "Show my account".


Gbr.5


Anda akan beralih ke tampilan spt gbr 6.


Gbr.6

Lalu ketik pada tab URL http.www.google.com, maka akan terlihat account anda (lihat gbr. 7).
jhli;


Gbr.7

Ketik lagi pada tab URL "http://www.blogger.com", klik "memulai" (lihat gbr.8).



Gbr.8

Anda bisa mulai mendaftar blog pada "Blogger", isi formulir spt gbr.9, klik "lanjutkan" (tinggal mengikuti arahan aja....., mudahkan..??).



Gbr.9


Klik "Ciptakan Blog Anda" (gbr.10).



Gbr.10


Isi lagi form yang muncul, klik "lanjutkan" (gbr.11)


Gbr.11

Lalu pilih/klik salah satu tampilan yang anda inginkan, klik lagi "Lanjutkan" (Jangan khawatir.., anda juga bisa merubahnya sewaktu-waktu).



Gbr.12

Lalu....."Mulai Blogging"... :)

Gbr.13


Tampilan berikutnya seperti gbr 14, anda bisa mulai memposting.



Gbr.14

Misalnya ketik pada judul : "Mari Coba", lalu pada pada halaman posting ketik "coba coba posting", lalu klik "pratinjau" maka akan beralih ke tampilan seperti gambar 15.


Gbr.15

Atau klik "Terbitkan Entri" untuk menerbitkan blog anda seperti gambar16.

Gbr.16

Finish...., please learning by doing....., met mencoba ya....

0 comments

Posting Komentar